METODE NUMERIK: Pengertian dan Kegunaan Metode Numerik

Pasang Iklan 640x85
METODE NUMERIK: Pengertian dan Kegunaan Metode Numerik 4.38/5 (87.59%) 29 votes

METODE NUMERIK: Pengertian dan Kegunaan Metode Numerik

Beberapa definisi metode numerik dikemukakan ahli matematika, misalnya metode numerik adalah teknik di mana metode numerik METODE NUMERIK: Pengertian dan Kegunaan Metode Numerikmasalah matematika diformulasikan sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan oleh pengoperasian aritmetika (Chapra dan Chanale, 1991); metode numerik adalah teknik -teknik yang digunakan untuk merumuskan masalah matematika agar dapat diselesaikan han ya dengan operasi hitungan, yang terdiri dari operasi tambah, kurang, kali dan bagi (Susila, 1994 ; Ibraheem dan Hisyam, 2003). Terdapat banyak jenis metode numerik, namun pada dasarnya, masing -masing metode tersebut memiliki karakteristik umum, yaitu selalu mencakup sejumlah kalkulasi aritmetika. Jadi metode numerik adalah suatu teknik untuk memformulasikan masalah matematika sehingga dapat diselesaikan dengan operasi aritmetika yang terdiri dari operasi tambah, kurang, kali dan bagi (Rochmad, 2011).

Apa guna mempelajari metode numerik? - Di samping itu menurut Rochmad (2011) ada sejumlah alasan mengapa orang menggunakan metode numerik untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.  Beberapa alasan tersebut sebagai berikut.

  1. Metode numerik merupakan suatu teknik untuk menyelesaikan masalah matematika yang efektif dan efisien. Dengan bantuan komputer ia sanggup menangani masalah yang rumit dan melibatkan perhitungan y ang luas, misalnya untuk memecahkan masalah solusi suatu persamaan tak linear, sistem persamaan yang besar, dan permasalahan lainnya termasuk dalam teknik dan sosial.  Masalah yang sering sulit atau bahkan tidak mungkin dapat diselesaikan secara analitis dapat diselesaikan dengan metode numerik.
  2. Saat ini terdapat berbagai paket program komputer (misalnya exel, maple, matlab, atau program paket lainnya) yang tersedia dan diperdagangkan sehingga mudah didapat yang dalam pengoperasiannya mencakup metode numerik. Dengan demikian, pemecah masalah tinggal menyesuaikan dengan karakteristik program paket tersebut dengan algortima yang digunakan dalam pemecahan masalah.
  3. Apabila masalah yang dihadapi sulit diselesaikan dengan bantuan program paket komputer, maka pemecah masalah dapat menggunakan program komputer (misalnya basic, pascal, fortran, atau  program komputer lainnya). Jika pemecah masalah mahir mendesain program sendiri, maka pemecah masalah dapat lebih leluasa dalam menggunakan metode numerik untuk memecahka n masalah yang dihadapinya.
  4. Di sisi lain, metode numerik merupakan semacam sarana  yang efisien untuk mengenal karakteristik komputer dan mendesain algoritma, diagram alur dan menulis program komputer sendiri.

Kata kunci artikel ini:

metode numerik, pengertian metode numerik, Numerik, metode numerik adalah, pengertian numerik, definisi metode numerik, pengertian numeric, apa itu metode numerik, matematika numerik, numerik adalah, metoda numerik, metode numeric, arti numerik, kegunaan metode numerik, materi metode numerik, belajar metode numerik, apa itu numerik, fungsi numerik, numerik matematika, pengertian metode numerik dan contohnya
Pasang Iklan 640x85


Slamet Purwanto adalah orang biasa yang punya keinginan luar biasa. Latar belakang pendidikan beliau adalah sarjana teknologi pertanian (Jurusan Teknologi Industri Pertanian) Institut Pertanian Bogor. Saat ini beliau sedang mengambil master di IPB dengan mayor Teknologi Industri Pertanian. WAH dan SAH adalah cita-citanya (dikutip dari istilah om Isnaini)

Advertisement

Pasang Iklan Header 300x250

3 Responses to “METODE NUMERIK: Pengertian dan Kegunaan Metode Numerik”

  1. Anita Civil

    Mar 28. 2013

    Butuh motivasi belajar…. kurangnya pemahaman membuat saya tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik… butuuh bimbingan nya terima kasih….

    Reply to this comment
    • Slamet Purwanto

      Mar 28. 2013

      Semangka alias Semangat Kakak Anita. Proses belajar emang tidak pernah berhenti. Setiap orang dikarunai kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang cepet tanggap, ada yang agak lama tanggapnya dalam memahami sesuatu. Itulah perbedaan. Yang penting adalah, yang paham duluan jangan sombong, dan bagilah pengetahuan tersebut kepada orang yang belum paham. Yang belum paham juga ga usah terlalu malu untuk bertanya… Pahami diri sendiri dan orang lain… that’s the point. Semangat ya belajarnya

      Reply to this comment
  2. Slamet Purwanto

    Sep 16. 2013

    Tambahan materi metode numerik yang sangat berguna. Semoga dapat meningkatkan pemahaman tentang metode numerik bagi para pembaca sekalian.

    Reply to this comment

Leave a Reply

You might also likeclose