Kemasan Plastik Jenis Ramah Lingkungan Produksi PT Tirta Marta

Pasang Iklan 640x85
Rate this post

Hari ini tanggal 24 November 2011 merupakan salah satu bersejarah dalam hidup saya. Alamdulillah hari ini saya bersama dengan rekan rekan dari program studi Teknologi Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor telah melaksanakan kunjungan industri. Industri yang kami kunjungi adalah pabrik kemasan plastik. Pabrik plastik kemasan yang kami kunjungi adalah PT Tirta Marta yang beralamat di Cikupa Tangerang Banten.

Dari Kampus IPB Darmaga kami sudah siap-siap berangkat kunjungan ke industri kemasan plastik sejak jam 8 pagi. Namun karena adanya alasan lain, keberangkatan akhirnya diundur hingga jam 9. Kami berangkat setelah membeli persediaan di jalan dan cinderamata yang akan diserahkan ke produsen plastik kemasan yang akan kami kunjungi. Sekitar jam satu siang kami sampai di lokasi industri kemasan plastik. Suatu perjalanan yang terbilang normal.

Kami diterima dengan baik oleh Bapak Eman S selaku GM dan Ibu Maria (mohon maaf kalo ada kesalahan menulis nama n gelar ya bpk dan ibu). PT Tirta Marta telah melakukan bisnis jual plastik kemasan khususnya kemasan fleksibel (flexible packaging) sejak tahun 1971. Dalam sejarahnya PT Tirta Marta sebagai supplier plastik kemasan memulai bisnis dengan manual printing hingga tahun 1980, gravure printing (1980-1990), coextrusion (1990-2000) dan multilayer (2000 hingga sekarang).

Belakangan ini isu lingkungan semakin santer dan PT Tirta Marta sebagai produsen kemasan plastik juga turut berkontribusi dengan menjual plastik kemasan yang ramah lingkungan (environmentally friendly). Harga plastik kemasan konvensional dan harga kemasan plastik ramah lingkungan tidak berbeda jauh, kalaupun ada perbedaan berada dalam kisaran sepuluh persen. Perbedaan tersebut diakibatkan oleh harga bahan baku yang berbeda, sedangkan biaya untuk mesin kemasan plastik, desain kemasan, sablon atau cetak kemasan biayanya relatif sama.

Jenis jenis kemasan plastik ramah lingkungan yang telah umum dikenal adalah oxium dan ecoplas. Oxium merupakan jenis kemasan plastik yang terurainya (degradasinya) dipicu oleh bahan oksidatif seperti oksigen atau udara, sinar marahari atau ultraviolet, suhu dan pengaruh cuaca lainnya. Oxium rata rata dapat terdegradasi dalam jangka waktu kurang dari dua tahun. Bahkan ada yang mampu hancur dalam jangka waktu dua minggu. Laju degradasi kemasan plastik yang ramah lingkungan utamanya dipengaruhi oleh jumlah dan konsentrasi bahan yang mudah terurai ke dalam komposisi kemasan plastik. Ecoplas memiliki karakteristik degradasi yang dipicu oleh organisme baik mikro maupun makro. Usaha kemasan plastik ramah lingkungan masih sangat besar karena saat ini kemasan plastik yang ada dipasaran di dominasi oleh jenis kemasan plastik konvensional yang mencapai angka 99%. Perbedaan lain dari oxium dan ecoplas adalah penampilan fisiknya dimana kemasan plastik yang terbuat dari oxium terlihat lebih tipis, lebih elastis dan mechanical strength yang lebih baik daripada kemasan plastik dari ecoplas. Namun demikian, ecoplas dapat ditambahkan ke dalam komposisi kemasan tanpa melakukan adjusment peralatan pada saat produksi kemasan.

kemasan plastik ramah lingkungan Kemasan Plastik Jenis Ramah Lingkungan Produksi PT Tirta Marta

Sejak berdirinya, PT Tirta Marta telah mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Sertifikat ISO mengenai mutu dan lingkungan, Award dalam 103 produk inovatif, Most preferred partner dari Unilever dan berbagai macam award telah diraih produsen kemasan plastik tersebut. PT. Tirta Marta memiliki konsumen dalam dan luar negeri, bahkan kemasan feses dari anjing Paris Hilton juga diproduksi pabrik kemasan plastik tersebut. Sungguh prestasi perusahaan anak negeri yang membanggakan dan patut dibanggakan.

Dalam kaitannya dengan tiga pilar (lingkungan, sosial dan financial) yang dianut oleh PT Tirta Marta, perusahaan tersebut menggunakan sumber daya lokal yaitu singkong. Singkong dipilih dengan pertimbangan dari ketersediaan, karakteristik bahan yang lebih unggul daripada bahan lain, dan dari segi finansial feasible. Sagu yang pernah dicoba ternyata masih kalah dengan singkong. Supplier kemasan plastik tersebut membina petani singkong yang ada di daerah Bogor dan membeli singkong lebih mahal daripada harga pasaran. Semoga jejak PT Tirta Marta memproduksi kemasan plastik dapat diikuti oleh pihak lain. Sampai saat ini, produsen kemasan plastik tersebut telah memproduksi berbagai jenis kemasan diantaranya kemasan plastik makanan, plastik kemasan snack, kemasan kertas, kemasan tissue, dan aneka kemasan plastik produk lainnya

Kata kunci artikel ini:

PT Tirta Marta, pabrik kemasan plastik di tangerang, Pengertian oxium, suplayer kemasan plastik tangerang, pabrik bungkus plastik, pt tirta marta packaging, contoh kemasan plastik, PT Tirta Marta di Cikupa, produk bungkus plastik, jual plastik kemasan berdiri, grosir plastik ramah lingkungan, jual plastik oxium, produsen plastik, proses pembuatan kemasan plastik ramah lingkungan dari kulit udangl, pembuat kemasan makanan bogor, pabrik plastik dari singkong cikupa, keterangan pabrik plastik yang ramah lingkungan, pabrik kemasan plastik rotogravure, pengertian mesin coextrusion, pengertian gravure perusahaan kimia adalah
Pasang Iklan 640x85


Slamet Purwanto adalah orang biasa yang punya keinginan luar biasa. Latar belakang pendidikan beliau adalah sarjana teknologi pertanian (Jurusan Teknologi Industri Pertanian) Institut Pertanian Bogor. Saat ini beliau sedang mengambil master di IPB dengan mayor Teknologi Industri Pertanian. WAH dan SAH adalah cita-citanya (dikutip dari istilah om Isnaini)

Advertisement

Pasang Iklan Header 300x250

6 Responses to “Kemasan Plastik Jenis Ramah Lingkungan Produksi PT Tirta Marta”

  1. Siska

    Jul 31. 2012

    Saya mau minta informasi mengenai kemasan plastik ramah lingkungan untuk kemasan makanan beku. Terima kasih

    Reply to this comment
    • Slamet Purwanto

      Aug 07. 2012

      Yth mba siska,
      Kemasan ramah lingkungan untuk makanan beku ya? mohon maaf saya kurang mengerti informasi seperti apa yang mba siska maksud. Kemasan ramah lingkungan pada umumnya masih merupakan kopolimerisasi antara polimer organik dan sintetik. Karena sifat dari kedua polimer tersebut yang ingin didapatkan. Polimer sintetik, memiliki ketahanan mekanis dan fisis yang bagus tapi tidak ramah lingkungan…

      Semoga membantu
      terima kasih
      Slamet Purwanto

      Reply to this comment
  2. toni

    Sep 25. 2012

    Mas mau nanya, saya ada usaha makanan nasi rawon, saya ingin bungkus yang unik tapi murah untuk takeaway (dibawa pulang oleh pembeli) bisa kasih advice dan harganya? Tks salam.

    Toni

    Reply to this comment
    • Slamet Purwanto

      Oct 02. 2012

      Dear mas Toni,
      Saya sendiri tidak memahami estetika kuliner (kemasan) dengan baik. Kebanyakan kemasan sekarang yang ada berbahan dasar styrofoam dan plastik. Kemasan yang menarik untuk makanan biasanya, konsumen dapat melihat isi kemasan tersebut tanpa merusak makanan yang ada di dalamanya. Mungkin untuk kemasan makanan bisa menggunakan yang edible, baik edible film maupun edible coating.

      Semoga membantu
      Terima Kasih

      Reply to this comment
  3. endah

    Feb 28. 2013

    wow.. saya baru tau tentang ini, dan baru membaca bahwa ecoplas sudah dipakai di indomart, alfa dan hero, apa benar ya?.. saya kurang perhatian apakah pada plastiknya ada tanda ecoplasnya.. semoga makin banyak produk2 pengganti plastik yang bisa dipakai banyak orang..

    Reply to this comment
    • Slamet Purwanto

      Mar 05. 2013

      Dari pengalaman kunjungan saya ke pabrik plastik Tirta Marta telah memproduksi plastik tersebut untuk beberapa ritel termasuk di dalamnya indomaret. Namun apakah semua indomaret telah menggunakan plastik jenis tersebut, saya tidak tahu persis. Plastik yang mengandung bahan organik memang cepat rusak karena pengaruh cuaca dan mikroba. Kalau konsumen mau membawa tas sendiri waktu berbelanja, saya pikir akan lebih hemat bagus lagi

      Reply to this comment

Leave a Reply

You might also likeclose